[Cerita Inspirasi] Kisah Si Bodoh dan si Pintar

Alkisah di suatu Dojang di Korea hidup seorg Master yg sangat dihormati krn adil, tegas & jujur.

Suatu hari, dua murid menghadap Master tersebut. Mereka bertengkar hebat & nyaris beradu fisik. Keduanya berdebat tentang hitungan 3x7.

Murid pandai mengatakan hasilnya 21, Murid bodoh bersikukuh mengatakan hasilnya 27.

Murid bodoh menantang murid pandai utk meminta sang Master sebagai Jurinya untuk mengetahui siapa yang paling benar diantara mereka, sambil si bodoh mengatakan :

"Jika saya yang benar 3 x 7 = 27 maka engkau harus mau dicambuk 10 kali oleh Master, tetapi kalau kamu yg benar 3 x 7 = 21 maka saya
bersedia untuk memenggal kepala saya sendiri ha ha ha ....." demikian si bodoh menantang dengan sangat yakin akan pendapatnya..

"Katakan Master, mana yg benar..?" tanya murid bodoh

Ternyata Sang Master memvonis cambuk 10x terhadap Murid yg PANDAI (yang menjawab 21).

Si murid pandaipun protes setelah dicambuk yang dijawab oleh sang Master, "Hukuman ini Bukan untuk hasil hitunganmu, tapi untuk KETIDAK BIJAKSANAAN-mu yang mau-maunya berdebat dengan orang bodoh yang tidak tau kalo 3x7 adalah 21.
Sang Master melanjutkan: lebih baik melihatmu dicambuk dan menjadi BIJAK daripada harus melihat 1 nyawa terbuang sia sia

Pesan Moral :
Jika kita sibuk memperdebatkan sesuatu yang tak berguna, berarti kita juga sama salahnya atau bahkan lebih salah daripada orang yang memulai perdebatan, sebab dengan sadar kita membuang waktu & energi untuk hal yang tidak perlu.

Bukankah kita sering mengalaminya ....? Bisa terjadi dengan pasangan hidup kita, tetangga kita, rekan kerja, rekan latihan, anak kita, bawahan kita, pembantu kita. Berdebat atau Bertengkar untuk hal yang "tidak ada gunanya, dan bukan hal yang prinsip" hanya akan menguras energi, kehilangan sukacita, damai sejahtera atau kehilangan 1 orang yang pernah dekat dengan kita?

Ada saatnya diam bagi kita untuk menghindari perdebatan atau pertengkaran yg sia-sia.

Memang bukan hal yang mudah, tapi janganlah sekali-kali berdebat dengan orang bodoh yang tidak menguasai permasalahan. Belajarlah Untuk Bijak!

Semoga bermanfaat....

No comments

Powered by Blogger.